Jumat, 16 September 2016

[Blogtour] Interview with Christian Simamora - Typo

Halo pembaca semuaaa, 

Sudah lama blog ini tidak diisi dengan blogtour ya. Terakhir kali blog ini mengadakan blogtour adalah di bulan April dan itu juga bekerja sama dengan penerbit Twigora. Alhamdulillah kali ini terpilih kembali ^^

Hari ini adalah hari pertama rangkaian blogtour novel terbaru Christian Simamora yang berjudul Typo. Sebagai host pertama saya merasa senang sekali bisa diikutsertakan oleh penerbit Twigora  untuk mengisi rangkaian blogtour yang akan belangsung selama 10 hari kedepan.

Teman-teman, blogtour yang diadakan selalu terasa spesial karena host akan memberikan tiga postingan terkait buku yang diinformasikan. Masing-masing artikel akan di post berurutan dan berjarak tiga jam. Postingan pertama berisi wawancara dengan penulis. Disini kamu bisa mengenal siapa sih penulis dibalik buku tersebut, bagaimana proses kreatif menulisnya dan hal-hal seputar buku tersebut with no spoiler. Dilanjutkan postingan kedua berisi ulasan buku dan challenge menarik yang sudah disiapkan penebit untuk tiap host. Terakhir adalah giveaway berhadiah buku untuk pembaca yang setia mengikuti rangkaian blogtournya.

Typo, alias Typographical eror adalah istilah kesalahan penulisan yang kerap ditemui dalam suatu tulisan. Di buku ini kalian akan mengetahui apa maksud dari typo dalam hal percintaan menurut bang Ino. Setelah aku baca kemarin Bang Ino ini kece banget berusaha mengaitkan hubungan antara typo dengan jalinan asmara tokoh-tokoh di buku ini. Ulasan lengkapnya setelah ini ya.

Bang Ino ini sudah terkenal dengan buku series #JBoyFriend-nya. Dan Typo adalah buku kesembilan dari seri #JBoyFriend ini *Banyak banget sudah sampai sembilan*.

Sebagai pembuka, mari simak wawawancaraku dengan Christian Simamora dan buku terbarunya Typo.




1. Halo Bang Ino, selamat untuk rilisnya #JboyFriend yang kesembilan yaa. Tolong Ceritain dong proses penulisannya, mulai dari awal, pemilihan profesi karakternya sampai dipilihnya judul Typo sebagai seri #jboyfriend yang ke 9?


Halo, Athaya!
Proses pengerjaannya nggak banyak drama kayak waktu MNSL kok. Ide ceritanya sendiri sudah ada dari lama dan plotnya pun sudah Abang selesaikan, hanya saja karena kepengen menulis novel berplot berlapis seperti historical romance, Abang sempat merepotkan diri menulis ulang plot ceritanya. Latar belakang Hotel Cocobolo nggak butuh riset tambahan karena sebenarnya ini sempat mau dipakai untuk novel lain, tapi nggak jadi. Daripada mubazir, dipake aja.
Soal judul Typo sudah Abang jelaskan di awal buku. Hanya judul sementara yang kemudian jadi permanen.



2. Di mata abang, seberapa penting chemistri diantara karakter yang abang ciptakan? Terus gimana chemestri antara Mai dan Josh di buku ini?


Kekuatan romantic comedy terletak di chemistry antartokoh. Dan khusus untuk Typo, Abang sengaja menciptakan atmosfer membingungkan di antara keduanya. Bagi Josh, Mai adalah bekas tunangan yang kebetulan pas ketemu gede lagi tambah menarik. Sedangkan bagi Mai, Josh adalah cowok yang pertama kali menyentuh perasaannya paling dalam. Makanya, saat mereka jadi dekat, typo hati pun tak bisa dihindari. :)

3. Di setiap babnya ada kutipan dari buku Carina st Tropez. Saat menulis Typo, apakah abang juga menyelenginya dengan membaca buku-buku dari Carina st Tropez?  Seperti apa sosok Carina st Tropez sampai membuat buku Typo ini terinspirasi darinya?

Karena ini adalah homage historical romance, hal paling masuk akal adalah membuat karakter Mai tergila-gila novel genre itu. Dan cocok juga dengan kebutuhan cerita, Mai membuat ekspektasi tinggi bahwa Josh akan berlaku seperti karakter cowok di novel-novel Carina St. Tropez. Another typo hati.

4. Dalam suatu cerita unsur mana yang lebih penting dan mendominasi? Plot atau karakter yang kuat? Karena di novel bang Ino walaupun plotnya tidak ruwet tapi selalu berhasil bikin karakter yang loveable dan membekas dihati sehingga disukai pembaca.  Menurut bang Ino, TYPO lebih kuat di unsur yang mana? Atau malah keduanya?

#jboyfriend season pertama (Pillow Talk sampai Guilty Pleasure) berkesan cowok-sentris. Hot, sexy, and shit. Berbeda dengan season dua (Come On Over sampai Typo) yang lebih fokus pada dinamika pasangannya. Saat menulis, Abang berusaha meyakinkan diri Abang dulu, kalau kedua karakter ini nanti bakalan bahagia selamanya. Jadi nggak hanya sekadar cocok, tapi juga punya gambaran seperti apa saat menikah nanti.


5. Lewat Typo, pesan apa yang bang Ino ingin sampaikan ke pembaca?

Cinta nggak akan pernah kunjung kamu temukan kalau sejak awal tak pernah ada. Jangan sia-siakan waktu untuk berharap terlalu lama karena bisa jadi kamu malah melewatkan kesempatan ditemukan oleh orang yang teramat mencintaimu.

Nah, itulah sedikit cuplikan kebersaaman sesi wawancara berrsama Christian Simamora. Poin nomor lima bikin baper gimana gitu yaa. Menuntut supaya kita makin peka dan menghargai orang-orang yang sudah memberi kasih dan sayangnya untuk kita. Selain itu bang Ino perhatian banget dengan karakter-karakter yang ia buat. Selalu membuat tokoh-tokohnya punya karakter yang kuat dan chemistry-nya bikin loveable. Secara nggak langsung kita juga mendapat ilmu kepenulisan darinya.

Jadi makin banyak dapat info tips menulis kan? Bang Ino memang selain fokus sebagai penulis juga pernah menjadi editor lho. Ilmu yang dia kasih selalu bisa jadi bahan belajar buat kita-kita yang pengen banget bisa menulis.  Nantikan ulasan buku Typo yang akan saya posting 3 jam dari sekarang. Stay tune yaaa.


Tentang Penulis




CHRISTIAN SIMAMORA


Berzodiak Gemini, kelahiran 9 Juni 1983. Mencintai genre romance baik sebagai penulis maupun pembaca. Dark chocolate adalah tipe cokelat batangan favoritnya.

Sejak tahun 2006, memutuskan untuk menekuni genre romance untuk pembaca dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo), Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), As Seen On TV (Javi), dan Marry Now, Sorry Later (Jao). Pada tahun 2015, dia merilis seri kedua yang diberi nama #vimanasingles. Tiger On My Bed adalah buku pertama di seri itu.

TYPO (Josh) adalah novel ketujuhbelasnya.

Fanpage (Facebook): www.facebook.com/ChristianSimamoraAuthor
Instagram: @XSIMAMORA
Twitter: @09061983
E-mail: ino_innocent@yahoo.com


Host Blogtour



16 September: Athaya Irfan
URL Blog: http://theboochconsultant.blogspot.co.id/

18 September: Luckty Giyan Sukarno
URL Blog: https://luckty.wordpress.com/

20 September: Nina Ridyananda
Blog: http://thebookaddictdiaries.blogspot.co.id

22 September: Destinugrainy
URL Blog: http://destybacabuku.wordpress.com

24 September: Oktabri Erwandra
URL Blog: https://irbatko.wordpress.com/

26 September: Aya Murning
URL Blog: www.murniaya.wordpress.com

28 September: Wardahtuljannah
URL Blog: melukisbianglala.wordpress.com

30 September: Sri Sulistyowati
URL Blog: http://www.kubikelromance.com/

2 Oktober: Shen Meileng
URL Blog: thecutegeek.blogspot.co.id

4 Oktober: Asri Rahayu MS
URL Blog: peekthebook.blogspot.co.id

19 komentar:

  1. Jujur aja, saya jadi pengen baca novel TYPO ini. Sebenarnya dari 9 judul seri #JBoyFriend ini, belum ada 1 judul buku pun yang sudah saya baca. Pernah beli yang All You Can Eat, namun langsung pusing. Habis banyak banget kalimat bahasa inggris. Saya kira buku-buku Bang Ino ini memang salah satu cirinya banyak banget bahasa inggrisnya.

    Recent Post: Wishful Wednesday: Ratu Selja dan Gerda

    BalasHapus
  2. Baru ngerti maksud dari TYPO sekarang. Aku salah baca, malah pos kedua yang dibaca duluan X_X :D

    Semoga ga nemuin TYPO ya diperjalanan hidup sendiri :p

    BalasHapus
  3. Iya, poin 5 bikin baper...hiks

    BalasHapus
  4. yaaa ampuuuunnnn pertanyaan yg kelimanya ngenaa bangett.. serasa di sindir sama abang Ino.. hahahh

    BalasHapus
  5. Judul bukunya unik banget, jadi bikin penasaran :)

    BalasHapus
  6. Waw, pengen banget Typo. Pasti keren nih, wajib baca !!

    BalasHapus
  7. Pesan yg disampaikan oleh bang ino bikin baper.. hiks

    BalasHapus
  8. Buat Bang Ino 9 Juni tahun depan kalo buka pintu jangan lupa liat lantai siapa tau tiba-tiba ada Dark chocolate kalo nggak, berarti salah rumah atau mungkin juga salah paham haha Serously, setiap baca aku selalu penasaran sama profesi tokohnya, soalnya suka unik selain suka pengen dapet satu yang kayak gitu juga sih akunya.

    BalasHapus
  9. Haha...ternyata saya salah urutan baca. Makna typo aja saya baru ngerti sekarang. Duhhh,amatir banget nih gw😆 Jadi makin penasaran dengan novel Typo. Wish me luck✊

    BalasHapus
  10. Typo, judulnya unik, semoga ceritanya juga unik pluk maknyus..

    BalasHapus
  11. WOW ini ceritanya menarik, mungkin (bisa) terjadi di masa sekarang yaa :D
    Kamu yang dulu bukan kamu yang sekarang ya kak hehe comedy romantic? Kalau makanan itu delicious banget! aku sukaa dan.........Penasaran

    BalasHapus
  12. gak bisa komen apa-apa, klo udh menyangkut Bang Ino psti bagus novelnya.. soalnya bnyak yg suka novelnya.

    BalasHapus
  13. kenapa interviewnya cuma 5 lima pertanyaaaan? tips menulisnya kan jadi kuraaang ehehehe

    BalasHapus
  14. Wowww, jadi makin pengen koleksi semua karya bang Ino yg hot, sexy and shit! Mueheheeee~

    BalasHapus
  15. #JBoyFriend sudah ada sembilan, dan aku belom baca satupun.
    Duhh kemana aja aku.

    Ohiya, judul Typo yang awalnya hanya judul sementara lalu dijadikan permanen, mengingatkan pada hubungan yang awalnya main-main lalu cinta keterusan. *abaikan

    BalasHapus
  16. Pesan yang ini "Cinta nggak akan pernah kunjung kamu temukan kalau sejak awal tak pernah ada. Jangan sia-siakan waktu untuk berharap terlalu lama karena bisa jadi kamu malah melewatkan kesempatan ditemukan oleh orang yang teramat mencintaimu."
    Aku setuju Bang Ino.

    Wah, wah, Typo keren nih, judulnya itu menarik.

    BalasHapus
  17. Selain jadi penasaran sama novel ini, jadi ikutan penasaran juga sama Carina st Tropez :)

    BalasHapus
  18. belum pernah setertarik ini sama novel dengan genre historical romance, biasanya ngerasa agak nggak sreg dan berat wkwk.. Ini dari penulis kenamaan Indonesia, luar biasa pokoknya. Semoga bisa segera baca TYPO :)

    BalasHapus

Appeciate with my pleasure.

~ VS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...